Kapasitas mesin atau yang sering disebut volume langkah adalah volume
ruang dari ruang bakar mesin yang dihitung saat piston berada di TMB
(titik mati bawah) sampai posisi TMA (titik mati atas). Jadi yang
dihitung adalah volume pergerakkan piston dari TMB ke TMA, atau
sebaliknya. Biasanya dinyatakan dengan menggunakan satuan sentimeter
kubik (cc), liter (l), atau inchi kubik (CID) di pasar Amerika Utara.
Kapasitas mesin tidak termasuk dengan total volume dari ruang
pembakaran.
VL =volume silinder (cc ato cm3)
Bore =diameter silinder atau piston (cm)
L/Stroke =panjang langkah piston (cm) atau jarak antara TMA ke TMB.
n =jumlah silinder
π =3,14/22/7
r =jari-jari
contoh:
Tentukan Kapasitas mesin sepeda motor Jupiter memiliki ukuran sbb:
sebelum melakukan penjumlahan. kita harus merubah satuan mm(milimeter) ke cm(sentimeter)
D/Bore = 52mm dirubah ke 5.2cm
L/Stroke = 54mm dirubah ke 5.4cm
Volume Ruang Bakar
Volume Ruang Bakar volume ruang di atas piston saat di posisi TMA.
Volume Silinder
Volume silinder adalah jumlah total dari pertambahan antara volume langkah dengan volume ruang bakar.
VS = Vl + VC
VS = Volume silinder (cc)
VL = Volume langkah (cc)
VC = Volume ruang bakar (cc)
Perbandingan Kompresi
Perbandingan kompresi adalah perbandingan volume silinder dengan volume kompresinya.
Sebagai contoh perbandingan kompresi untuk sepeda motor berkisar antara 8 : 1 dan 9 : 1. ini artinya selama lankgah kompresi muatan yang ada di atas piston dimampatkan 8 kali lipat dari volume terakhirnya. Makin tinggi perbandingan kompresi, maka makin tinggi tekanan dan temperatur akhir kompresi.
E = Perbandingan kompresi
VL= Volume langkah (cc)
VC= Volume ruang bakar (cc)
tambahan:
Perbandingan Kompresi
|
Nilai Oktan
|
6 : 1
|
81
|
7 : 1
|
87
|
8 : 1
|
88
|
9 : 1
|
90
|
10 : 1
|
92
|
11 : 1
|
95
|
12 : 1
|
98
|
Referensi
-http://infowuryantoro.blogspot.com/2012/05/cara-menghitung-kapasitas-mesin-sepeda.html
-http://id.wikipedia.org/wiki/Kapasitas_mesin
-http://peduliotomotif.blogspot.com/2012/06/cara-menghitung-cc-mobil.html http://fahmihusaen.blogspot.co.id
0 komentar:
Posting Komentar