Minggu, 21 Februari 2016

sistem rem cakram

SISTEM REM CAKRAM MOBIL DAN FUNGSI NYA

A..       Sistem Rem Cakram

             Rem berfungsi untuk :
a.       Mengurangi kecepatan (memperlambat) dan menghentikan kendaraan.
b.      Memungkinkan parkir pada tempat yang menurun.
c.       Sebagai alat pengaman dan menjamin pengendaraan yang aman.




Rem cakram (disc brake) terdiri dari cakram ( brake disc ) yang terbuat dari besi tuang yang berputar dengan roda, dan brake pads yang berfungsi untuk mendorong dan menjepit cakram. Daya pengereman dihasilkan karena gesekan antara brake pads dan brake disc.
Rem cakram memiliki beberapa keuntungan dan kerugian :

Keuntungan :
•         Radiasi panas baik.
•         Bila terkena air lebih cepat kering.
•         Konstruksi sederhana.
•         Mudah dalam perawatan serta penggantian pad.
Kerugian :
•         Self energizing effect kecil.
•         Membutuhkan tekanan hidraulis yang besar.
•         Pad lebih cepat aus.







A.    Komponen – komponen Rem Cakram

1.      Cakram ( Brake Disc )
Disc rotor terbuat dari besi tuang dalam bentuk solid (biasa) dan berlubang-lubang untuk ventilasi. Tipe ventilasi digunakan  untuk menjamin pendinginan yang baik karena tipe ini dapat mensirkulasikan udara dengan baik untuk mencegah terjadinya fading (koefisien gesek berkurang), sehingga tipe ini banyak digunakan pada kendaraan.





1.    Pad Rem ( Brake Pads )
Pad (disc pad) terbuat dari campuran metallic fiber dan serbuk besi, yang disebut semi-metallic disc pad. Pada pad diberi celah untuk menunjukk an tebal batas pad yang diijinkan (mempermudah pemeriksaan).
Pada beberapa pad terdapat anti - squel shim yang berfungsi untuk mencegah bunyi saat pengereman, dan pad wear indicator untuk menginformasikan keausan pad yang sudah tipis.





3.      Kaliper Rem ( Brake Caliper )
Kaliper Rem ( Brake Caliper ), berfungsi sebagai tempat komponen – komponen rem cakram. Pada kaliper rem terdapat piston yang berfungsi untuk mendorong pad rem, sehingga pad rem dapat menjepit cakram dan bleeder plug yang berfungsi untuk membuang udara pada sistem rem.
Kaliper rem terdiri dari 2 tipe, yaitu :

a.    Fixed Caliper
Pada caliper tipe ini, terdiri dari 2 buah piston pada sisi kanan dan sisi kiri caliper. Daya pegereman didapatkan bila pad ditekan piston secara hidraulis pada kedua sisi brake disc. Pada kendaraan Toyota, tipe ini digunakan pada Toyota Fortuner dan Hilux.



b.      Floating Caliper
Pada brake caliper tipe ini terdapat 1 piston yang digunakan untuk mendorong brake pads. Tekanan hidraulis dari master cylinder mendorong piston (A) dan selanjutnya menekan disc. Pada saat yang sama tekanan hidraulis menekan sisi pad (B) menyebabkan caliper bergerak ke kanan dan menjepit ca kram dan terjadilah pengereman.
Pada kendaraan Toyota, tipe ini digunakan pada kendaraan penumpang seperti Avanza dan Kijang Innova.


SUMBER: wandriblogdrees.blogspot.co.id

0 komentar:

Posting Komentar